Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop

| komentar

Cara mempercepat kinerja komputer - Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang cara merawat laptop, kali ini kita akan membahas tentang cara mempercepat kinerja komputer atau laptop kita. Jika komputer kita sehat, loading komputer juga akan lebih cepat dan kita juga akan lebih nyaman untuk menggunakannya. Asalkan kita juga harus bisa merawat komputer dengan baik dengan memperhatikan perawatan hardware dab perawatan software atau pun perawatan system pada komputer kita. Kalau kita tidak melakukan ketiga hal itu, alamat komputer akan menjadi lelet, lambat, dan lola. Untuk perawatan hardware khususnya untuk laptop, sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya. Dan artikel pada postingan kali ini lebih dikhususkan untuk perawatan system khususnya untuk windows 7.

Terkadang dari sebagian kawan ada yang suka menginstal software yang sebenarnya software itu tidak begitu penting untuk komputer kita. Atau bahkan dengan mempercantik tampilan windows, kita sering menampilkan icocn shortcut yang berlebihan yang sebenarnya hal ini malah membuat kinerja komputer kita tidak maksimal.
Baiklaj, berikut ini merupakan beberapa cara mempercepat kinerja komputer yang harus kita lakukan agar performa komputer kita lebih mantap lagi.

Mempercepat Waktu Booting

- Klik Start > ketik “msconfig” pada bagian search programs and files > enter
- Klik pada tab “Boot” dan klik pada “Advanced options”
- Cek pilihan “Number of processors” dan tentukan berapa processor yang Anda inginkan sesuai dengan yang dimiliki PC Anda (biasanya 2, 4 atau 8).
- Klik “OK” dan “Apply” > Reboot

Menonaktifkan program strat up yang tidak penting

- Start Menu -> RUN -> Ketikan msconfig -> Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus dan program lainnya yang menurut kawan itu penting
- Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates
- Setelah itu tekan Apply lalu OK

Defragment hardisk secara berkala berkala
Dengan kita men-defrag hardisk secara berkala maka akan membuat file yang ada pada system itu rapi dan secara otomatis menambah free space pada hardisk kawan.
Caranya :
- Klik Start > Accessories > System tools > disk defragmenter
- Pilih salah satu drive kemudian klik defragment

Uninstall program-program yang tidak penting

Tanpa kita sadari, banyaknya program yang terinstall pada komputer kita dapat memberatkan system pada disk C. Karena setiap kita menginstal sebuah program disitulah file akan ditampung. Buanglah semua program yang tidak penting itu.
Caranya :
- Klik start > Control Panel > klik Uninstall a program pada bagian menu Programs
- Klik kanan pada program atau aplikasi yang akan di-uninstall > Klik Uninstall

Makukan Disk Cleanup
Langkah cepatnya :
- Buka Explore, klik kanan pilih disk yang akan di cleanup
- Pilih properties > klik disk cleanup > klik Ok

Memasang program atau software utility
Software utility berguna untuk merawat system yang ada pada komputer kita. Saya sendiri menggunakan 3 software yang menurut saya ini harus ada pada sebuah komputer yaitu Tuneup Utilities, CCleaner, dan Microsoft Security Essentials
- Tuneup Utilities
Menurut saya pribadi, software ini berfungsi seperti tukang servis karburator pada sebuah sepeda motor.
- CCleaner
Berfungsi untuk membersihkan file-file sampah, cache, riwayat URL, cookies dan lain-lain
- Microsoft Security Essentials
Berfungsi sebagai antivirus.

Jika kawan melakukan langkah-langkah di atas, pasti komputer kawan akan terasa berbeda dari sebelumnya. Ok, itulah sedikit pengetahuan tentang cara mempercepat kinerja komputer yang bisa kawan lakukan dan semoga artikel ini bermanfaat.
Jika ada yang masih kurang menurut kawan, silkan untuk bisa menambahkan pada komentar di bawah.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips Trik Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger